Watu Kodok, Serasa Pantai Pribadi di Gunungkidul

Watu Kodok adalah salah satu pantai di Gunungkidul. Belum ramai wisatawan yang datang ke sini, padahal pantainya landai, pasirnya putih, air lautnya jernih dan punya sunset cantik. Pantainya yang sepi serasa milik pribadi.

Pantai Watu Kodok terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Saat ini keberadaan Pantai Watu Kodok hanya  diinformasikan melalui papan arah menuju pantai yang terletak di tepi jalan raya saja.

Lokasinya berada di sebelah timur dari Pantai Sepanjang dan jalan masuk yang masih berupa conblok menjadikan pantai ini tidak mudah diakses oleh jenis transportasi besar. Memang keberadaan pantai ini masih asing dan sepi pengunjung.

Saat tiba di Pantai Watu Kodok, saya disambut dengan hamparan pasir putih dengan bebatuan karang menjaga di sisi kanan kiri pantainya. Deburan ombak menjadi pasangan setia dari keindahan pantai ini. Keindahan pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang sudah memiliki nama di Gunungkidul.

Asal-usul nama dan cerita yang berkembang di Pantai Watu Kodok, ternyata di kawasan Pantai Watu Kodok memang terdapat patung yang berbentuk mirip kodok. Patung batu mirip kodok tersebut terdapat di dalam gua yang terletak di sebelah barat Pantai Watu Kodok.

Lokasi gua tersebut sulit untuk dijangkau dan hanya dapat dimasuki ketika air laut sedang surut. Patung mirip kodok tersebut dikeramatkan dan setiap setahun sekali pada bulan suro dilakuan ritual  di goa ini.

Di sore hari, saya dapat menikmati indahnya sunset di bawah hamparan pantai putih nan bersih. Keindahan Pantai Watu Kodok juga bisa dinikamati dari atas bukit dengan bersantai di gazebo. Tidak hanya di atas bukit, gubuk yang berada di pantai pun tidak kalah nyamannya. Di Pantai Watu Kodok ini lah saya dapat merasakan suasana pantai yang serasa milik pribadi, sebab keeksotisannya masih alami.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2014/07/21/141500/2609888/1025/watu-kodok-s...

Tags: